Friday, November 21, 2008

Economic Crisis, Video Game Console Rises

foto berita artikel

Kondisi ekonomi global mungkin sedang melemah, namun industri video game sepertinya justru melesat jauh, tentunya kecuali Sony. Berdasarkan laporan dari NPD Group, hasil penjualan video game dan hardware di U.S telah meningkat sebesar 18 persen dari periode tahun lalu. Selain itu, penjualan hardware juga meningkat sebesar 5 persen menjadi $494.7 juta.

“Di U.S sendiri, total penjualan unit industri pada kuarter ketiga mengalami peningkatan sebesar 8 persen bila dibandingkan di tahun 2007, walaupun keadaan ekonomi menunjukkan tanda-tanda adanya resesi. Seperti yang kami harapkan pada point ini dalam console life cycle, penjualan game juga mulai mengalami kenaikan harga di retail.“ kata Anita Frazier, analyst dari NPD.

Menurut Michael Gartenberg, vice president strategy mobile untuk Jupitermedia, perusahaan Video game console selalu berusaha untuk memaintain kekuatan penjualan mereka, dan oleh karenanya game console mengalami tingkat penjualan yang tinggi. “User yang memiliki penghasilan tinggi, walaupun di masa resesi ekonomi ini, akan lebih senang menghabiskan uangnya untuk entertainment in-home, sama halnya untuk game console akan terjual bagus di rumah yang memiliki lower-income.

Pasar game consol emasih dipimpin oleh Nintendo, yang telah menual 803,000 unit Wii bulan Oktober lalu, naik 687,000 dari bulan September. Sedangkan game console Microsoft Xbox 360 telah terjual 371,000 unit di bulan Oktober, sedikit di atas penjualan bulan September. Untuk Sony PlayStation 3 berhasil menjual 190,000 unit, turun 18 persen dari bulan September.

No comments: