Friday, November 21, 2008

Ambisi MTV Bakal Kalahkan YouTube

Apakah Anda berharap bahwa Anda dapat menonton musik video hanya dalam satu tempat? Kembali ke tahun ’80, dimana MTV mampu melakukannya. Hari ini, MTV dan sibling MTV2 telah membangun channel untuk siapa saja yang ingin menonton musik video. MTV sendiri akhirnya membuat pembagian di dalam dririnya, termasuk membuat department khusus musik video. Oleh karena itu, dengan adanya peluncuran situs baru Selasa lalu yang dinamakan MTV Music, maka akan membuka lahan keuntungan bagi MTV dengan meletakan video di web secara gratis.

MTV berencana akan memperluas penawaran musik video yang sebelumnya telah diposting di MTV.com dengan seluruh catalog video yang ada, ketika musik video kemudian lahir. Library MTV memiliki lebih dari 16,000 video, termasuk MTV konser eksklusif dan performance MTV Unplugged yang ada di dalamnya. Namun semua itu masih permulaan, karena lebih banyak video akan ditambahkan ke MTV.com, bahkan dari penyanyi yang menjadi juri di American Idol pun masuk ke dalam pilihan video yang akan ditambahkan.
MTV juga mencoa memenuhi fans dari MTV Musik dengan meluncurkan sebuah API (Application Programming Language) yang memudahkan pengembang untuk membangun aplikasi yang menggunakan MTV Networks Content. Contohnya pengembang dapat membuat galeri video, sebuah MySpace atau facebook untuk mengirim musik video ke teman, atau membuat video favorit sendiri atau pun membuat blog plug-in untuk memasukkan variasi video.

Lalu ada apa antara MTV dengan YouTube?
MTV dimiliki oleh Viacom sebuah perusahaan yang pernah menuntut YouTube senilai $1 triliun karena adanya pelanggaran hak cipta di tahun 2007, namun masih ditunda hingga sekarang. Hal ini dikarenakan Viacom ingin hak kontrol penuh ke content yang telah diposting, sesuatu yang tidak diperhatikan dan tidak disediakan oleh YouTube.

MTV Musik juga berbeda dari YouTube. Semua 16,000 video MTV tidak memiliki bentuk iklan apa pun, kecuali banner iklan di bagian atas halaman, sementara Google sebagai pemilik YouTube memiliki iklan video testing dari semua vide-nya dalam rangka untuk mendapatkan keuntungan dari content di situs YouTube. Seperti YouTube, MT Music juga memperbolehkan user tidak hanya menonton video di situs, namun juga berkomentar, memberikan rating atau melekatkan video blog ke atau website personal mereka.

No comments: