Friday, November 21, 2008

Change.gov, Obama Website goes Online

foto berita artikel

Hanya waktu yang dapat membuktikan apakah Barack Obama dapat menunjukkan janjinya untuk membawa perubahan dalam pemerintahan Amerika, namun senator Illnois telah membawa domain dot-gov (.gov). Website transisi untuk Obama tersebut dinamakan Change.gov, yang telah terbit hari ini, yang didalamnya terdapat permohonan saran dan kritik dari warga negaranya dan menyediakan panduan, juga prosedur di balik adanya transfer power pihak eksekutif Amerika.

Situs Change.gov tersebut sebenarnya masih dalam progress, termasuk agency pemerintah lainnya, plus biographi dari tim transisi Obama, orang-orang yang ada di belakang Obama menjelang policy presiden yang baru, dan link informasi mengenai cabinet yang akan dibentuk ketika Obama dilantik di White House tanggal 20 Januari mendatang. Namun, kecepatan dari apa yang dibuat oleh pendukung Obama, belum menjadi sinyal apakah Obama serius untuk membawa transparansi besar ke pemerintahannya nanti, dan akan menyediakan data online lebih cepat untuk public. Namun, boleh dikatakan Blog Change.gov ini akan menjanjikan update regular ke proses transisi Obama menjadi presiden.

Ada beberapa section di situs Change.gov untuk mengundang feedback user, seperti “Your Story” yang menanyakan pengunjung untu menjelaskan apakah arti kampanye dan pemilihan presiden ini untuk mereka. Selain itu, situs tersebut juga memastikan bahwa source situs bertema “Touching Anecdotes from Ordinary Americans” akan berlaku dalam pidato Obama selanjutnya. Masih ada online suggestion box dimana warga dapat share ‘visi’ mereka untuk Amerika. Dalam situs juga ada halaman pencari pekerjaan, dimana pengunjung dapat submit application untuk posisi non-career di administrasi yang baru, termasuk yang pekerjaan di Senate.

No comments: